Kamis, 14 Januari 2016

JENIS TANGGA KAPAL PENUMPANG

TANGGA KAPAL / SHIPS LADDER

Tangga dikapal merupakan perlengkapan penghubung dua lantai atau dua level dikapal yang berguna untuk kebutuhan jalannya orang.

Tangga dikapal adalah merupakan perlengkapan kapal yang berguna untuk kebutuhan perlindungan orang diatas kapal untuk menghindarkan orang jatuh kelaut. Tangga dikapal dan pagar pelindung (railing) juga merupakanan persyaratan dari ILLC 1966. Penempatan disesuaikan dengan kebutuhan dikapal, didalam ruang akomodasi atau berada diluar ditempat terbuka. Dibuat dengan konstruksi yang kuat dari baja, lugam lain atau dari kayu. Tangga dikapal memiliki beberapa jenis sesaui dengan posisinya yaitu tangga miring dan tangga tegak.

TANGGA MIRING

Tangga miring merupakan tangga dengan posisi kemiringan tertentu disesuaikan dengan penempatannya, pada umumnya tangga jenis ini ditempatkan pada ruangan yang cukup luas dan sesuai dengan kebutuhannya tidak dimungkinkan menggunakan tangga tegak. Contoh tangga didalam ruang akomodasi atau tangga diluar antara lantai geladak dibangunan atas dan diruang mesin. tangga ini diperlukan karena ruang muat cukup besar sehingga untuk keselamatan orang dibuat tangga miring yang bertahap. Tangga jenis ini juga dikenal dengan nama Australian Ladder.

Tangga miring dibuat dengan konstruksi baja atau kayu. Untuk tangga diluar bangunan kapal dan dikamar mesin dibuat dari baja dengan anak tangga ada yang berlubang dan untuk diruang mesin dibuat dengan anak tangga yang terbuat dari pelat anti selip. Untuk tangga yang berada diruang muat memiliki anak tangga yang terbuat dari batang baja. Seluruh tangga dilengkapi dengan pegangan tangan.





Jenis Tangga miring yang digunakan untuk naik turun penumpang ke kapal, dilengkapi winch untuk mengangkat dan menurunkan tangga, anak tangganya juga memiliki konstruksi khusus lengkung dengan permukaan anti selip.

TANGGA TEGAK

Tangga tegak (vertical ladder) merupakan tangga yang posisinya tegak sejajar dengan dinding kapal. Penggunaan tangga tegak jika dibandingkan dengan tangga miring, lebih nyaman dan aman tangga miring, namun demikian, tangga tegak merupakan tangga khusus untuk penggunaan / akses didaerah tertentu dikapal yang tidak dapat dipasang tangga miring.Tangga tegak dibuat dengan konstruksi yang kuat dari baja, dengan anak tangga batang baja segi empat yang dipasang diagonal untuk menghindarkan licin.

Pada umumnya tangga tegak dipasang digeladak terbuka diluar bangunan atas kapal. Tangga tegak juga dipasang untuk akses kedalam palkah atau kedalam tanki. Tangga darurat yang digunakan untuk akses keluar dari kamar mesin keatas geladak terbuka (poop deck) juga jenis tangga tegak.

Selain tangga tegak konstruksi baja, dikapal juga ada jenis tangga tegak yang terbuat dari bahan tali dengan anak tangga terbuat dari kayu papan atau karet syntetis Saat penggunaannya pada ujung atas tangga ini harus terikat secara kuat dikapal dengan menggunakan segel.

Tangga tegak jenis ini digunakan untuk tangga darurat atau tangga cadangan unuk naik dan turun pandu dari kapal. Juga tangga tali yang digunakan untuk turun dari kapal kesekoci. Kelebihan tangga ini dapat digulung dan dipindahkan.


6 Jenis Gangway Kapal

Seperti namanya, gangway ini dibangun dari fiberglass. Lebar gang tersebut adalah 24 kaki dan mereka dirancang untuk memenuhi kapal-kapal yang digunakan untuk kegiatan perang. Fitur lain dari gangway ini termasuk pegangan yang dapat dilipat dan permukaan yang benar-benar tidak tergelincir 

peralatan yang digunakan untuk membantu seseorang masuk ke (berangkat) dan keluar (turun) dari kapal atau perahu dikenal sebagai sebuah gangway. Secara teknis, gangway adalah seperti sebuah jalan yang halus dan miring. Di kapal, gangway terutama digunakan oleh penumpang atau kru untuk masuk atau keluar kapal dan kadang-kadang juga digunakan untuk bongkar muat kargo.

Gangway kerja berasal dari bahasa Anglo-Saxon. Gangway yang digunakan kini bisa dari dua tipe:
1.gangway lipat
2.Beberapa gangway yang dibangun sedemikian rupa sehingga mereka dibangun pada kapal itu sendiri

Ada berbagai jenis gangway yang digunakan dalam waktu hari ini. Hal yang sama dapat dijelaskan sebagai berikut:

Beam Brow fiberglass gangway

 
 Beam Brow Aluminium gang: 


Terbuat dari aluminium, gangway ini adalah dilas dan cukup tahan lama. Permukaan jalan adalah sedemikian rupa sehingga tidak ada masalah air terakumulasi. Juga permukaan licin non-ramp memastikan bahwa ada
kecelakaan disebabkan. Gangway ini dirancang untuk memenuhi kapal dari berbagai ukuran sehingga setiap orang dapat memilih untuk aluminium tangga kapal

Truss Brow Aluminium gangway

 

Aluminium gangway
: Terbuat dari aluminium dan baja, mereka lebih ringan dalam berat dan digunakan terutama di pelabuhan perumahan. Bahan yang digunakan memastikan bahwa tidak ada korosi apapun. Fitur lain dari gang ini adalah bahwa ia memiliki pegangan tangan dilipat sehingga mudah untuk menyimpan gang itu. Biaya gang ini juga cukup terjangkau




Medium-Duty Gangways:

Mereka juga datang pada tingkat yang sangat terjangkau dan terutama digunakan di pelabuhan-pelabuhan swasta dan perumahan. Bahan yang digunakan untuk m embangun gang menengah-tugas yang aluminium dan baja. Kedua bahan menawarkan daya tahan jangka panjang untuk jalan
Heavy-Duty gangway:




Mereka digunakan dalam pelabuhan swasta yang memiliki pelayaran feri dan kapal lainnya menggunakan mereka. Landai ini terbuat dari baja dan aluminium dan sesuai dengan standar ISO yang dibutuhkan. Perancangan jalan bahkan cacat memungkinkan orang untuk masuk dan keluar dengan aman.
 Dengan bantuan dari gangway, masuk dan keluar untuk kapal menjadi sangat mudah. Ini adalah fitur yang paling penting dan keuntungan dari menggunakan landai dalam modus transportasi air.


http://www.maritimeworld.web.id/2011/03/fungsi-tangga-dan-pagar-pada-kapal.html
http://kapal-pelaut-surveyor.blogspot.co.id/2011/10/6-jenis-gangway-kapal.html


36 komentar:

  1. sudah lengkap mungkin penulisan huruf dan tata letak kurang teratur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Dari semua jenis tangga diatas, manakah tangga yang paling banyak diaplikasikan pada kapal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ini merupakan tangga penumpang maka yang lebih digunakan yaitu tangga miring

      Hapus
  3. apakah hanya aluminium dan fiberglass yang bisa digunakan untuk bahan tangga kapal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, ada juga pada tangga miring terbuat dari konstruksi baja atau kayu

      Hapus
  4. ukuran tinggi setiap anak tangga kapal berapa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada tangga miring sesuai dengan posisi kemiringan tertentu disesuaikan dengan penempatannya.
      Tangga tegak (vertical ladder) tangga yang posisinya tegak sejajar dengan dinding kapal. maaf kalau tidak begitu jelas

      Hapus
  5. Tangga - tangga yang di jelaskan tadi ada pada kapal apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada penjelasan gangway kadang-kadang juga digunakan untuk bongkar muat kargo,
      dan pada tangga miring digunakan pada kapal penumpang. pada tangga tegak di gunakan pada saat darurat saja .

      Hapus
  6. sudah bagus sih, cuman biar lebih jelasnya lagi dijelaskan juga bagamana cara pembuatan nya dan bagaimana pemasangan pada kapalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara Memasang Tangga dengan Metode Adu Manis
      Banyak trik yang bisa dilakukan untuk mempermanis sudut tangga, mulai dari membuat pinggulan atau menempelkan kuku macan.

      Namun supaya sudut pertemuan antara ujung-ujung keramik tersebut bisa terlihat benar-benar rapih, Anda sebenarnya harus menggunakan metode 'adu manis'. Mungkin ada di antara Anda yang bingung, 'adu manis' itu apa ya? Metode yang dinamakan adu manis ini dilakukan dengan membuat sudut 45 derajat di masing-masing sisi keramik yang akan dipertemukan. Jadi kurang lebih nanti sudut sambungannya seperti pada pertemuan ujung pigura.

      Nah, sekarang kita simak langkah-langkahnya untuk meng-adumanis sudut tangga :

      1. Buat pinggulan pada pinggiran keramik yang nantinya saling dipertemukan. Lalu coba di-tap atau dipaskan posisinya sebelum benar-benar dipasang. Hal ini dilakukan agar kita tahu rata atau tidaknya hasil pinggulan untuk pertemuan keramiknya, jika sudah rata maka nantinya tidak ada bagian yang mengganjal lagi. (Skill tukang Anda sangat menentukan untuk poin ini. Jika tukang belum ahli, nantinya pinggiran keramik yang digurinda akan grepes dan kelihatan tidak cantik.)


      Membuat pinggulan pada pinggir keramik yang sudah terpasang.

      Bentuk pinggulan pada keramik.


      Membuat pinggulan pada keramik yang akan dipasang.

      Mencocokkan hasil pinggulan antar keramik sebelum dipasang.


      2. Beri adukan semen pada bagian vertikal yang akan dipasang keramik. Jangan lupa untuk menaburkan semen kering pada adukannya agar adukan tidak terlalu basah, sehingga pada saat keramiknya diketuk-ketuk, adukan semennya tidak turun ke bawah.



      Adukan semen pada anak tangga bagian vertikal.


      Berikan semen kering supaya adukan tidak turun ke bawah waktu keramik diketuk-ketuk.


      Terutama untuk bagian pertemuan pinggul, agar tidak kosong nantinya.

      Adukan semen yang turun ke bawah akan menyebabkan bagian adu manisnya kosong, hal inilah yang menyebabkan banyak keramik yang di-adumanis pecah ketika terkena benturan atau tekanan.

      3. Pasang keramik di posisinya. Sebelumnya, berikan semen kering pada bagian belakang keramik agar keramik menempel dengan kuat pada adukan.


      Semen kering yang ditaburkan di bagian belakang keramik.
      Ukur kembali posisinya dengan tembok acuan, lalu ketuk2 sehingga rata.


      Ukur kembali posisi keramik sebelum diketuk ke dalam.


      Setelah posisinya sesuai, ketuk-ketuk keramik agar adukannya padat dan menempel dengan baik.
      Ganjal bagian bawahnya agar posisinya tidak turun kembali.


      Ganjal bagian bawah keramik dengan batu atau paku, sehingga posisinya tidak berubah.

      4. Cek bagian adu manisnya, apakah sudah bagus dan rata. Jangan lupa cek dengan waterpass untuk memastikan posisinya.

      Cek kembali bagian adu manisnya sesudah keramik terpasang.

      5. Pasang keramik untuk anak tangga selanjutnya seperti pada gambar dibawah ini.


      Berikan adukan semen pada bagian anak tangga yang horisontal.


      Pasang keramik diposisinya.


      Sesuaikan letak ketinggian permukaannya.

      6. Cek posisi permukaan keramik dengan waterpass.


      Cek kembali dengan waterpass bagian lebarnya,


      juga bagian panjangnya.

      7. Setelah semua keramik terpasang, aplikasikan nat untuk bagian adu manisnya. Bisa dibentuk seperti foto dibawah ini, dengan menggunakan tangan atau membuat cetakan/acuan.


      Berikan nat dengan semen putih yang dibentuk sedikit melingkar.


      Penampilan close-up dari nat pada bagian adu manis.

      Setelah terpasang semua, hasil akhirnya akan tampak seperti ini :


      Tampak atas.


      Tampak depan

      Semoga informasi mengenai metode adu manis kali ini berguna untuk Anda semua

      Balas

      Hapus
    2. maaf gambarnya tidak bisa muncul

      Hapus
  7. ini lumayan bagus, namun harus lebih ditingkatkan lagi :)

    BalasHapus
  8. infonya cukup. namun penjelasannya agak dipersingkat .

    BalasHapus
  9. tolong di jelaskan penempatannya tangga kapal itu dimana saj.???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tangga miring pada umumnya tangga jenis ini ditempatkan pada ruangan yang cukup luas dan sesuai dengan kebutuhannya tidak dimungkinkan menggunakan tangga tegak. Contoh tangga didalam ruang akomodasi atau tangga diluar antara lantai geladak dibangunan atas dan diruang mesin. tangga ini diperlukan karena ruang muat cukup besar sehingga untuk keselamatan orang dibuat tangga miring yang bertahap.

      Pada umumnya tangga tegak dipasang digeladak terbuka diluar bangunan atas kapal. Tangga tegak juga dipasang untuk akses kedalam palkah atau kedalam tanki.

      Hapus
  10. cukup bagus friend.tolong di berikan videonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya masih belum bisa memasukkan video ke dalam blog

      Hapus
  11. kenapa penempatan tidak dicantumkan dan jenis tangganya hanya tangga luar tolong di perjelas untuk tangga di dalam kapal

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk penempatan sudah ada di dalam teks,

      Tangga keruang muat (cargo hold) dipasang pada sisi ambang palka turun kebawah dimana konstruksinya dibuat sekuat mungkin dan anak tangganya dari besi bulat.
      mungkin itu yang bisa saya jelaskan

      Hapus
  12. cukup bagus tapi penataan tulisannya masi kurang teratur

    BalasHapus
  13. apakah semua tangga yg anda jelaskan mampu untuk diaplikasikan penerapannya pada semua jenis kapal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak untuk kapal kontainer, dan kapal yang tidak untuk penumpang.

      Hapus
  14. bagus terimakasih atas infonya,saya mau tanya keuntungan menggunakan tangga tegak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggunakan tangga tegak hanya untuk saat darurat saja atau tangga cadangan unuk naik dan turun pandu dari kapal. Kelebihan tangga ini dapat dipindahkan

      Hapus
    2. oke terimaksih atas infonya

      Hapus
  15. untuk tangga fiberglass biasanya dipakai dmana yah mbk ? makasi.

    BalasHapus
  16. Wynn Hotel Las Vegas, NV - MapYRO
    Wynn Hotel Las Vegas, a 3-star hotel in Las Vegas Strip, is located in the centre of the Las 여주 출장샵 Vegas 구리 출장마사지 Strip. The 2,200 room 당진 출장안마 Wynn 광주광역 출장샵 Las Vegas is 파주 출장마사지 situated in,

    BalasHapus